Perkembangan sektor jasa tidak terlepas dari berbagai usaha dari penyedia jasa dalam pengembangan strategi dan program pemasaran untuk menciptakan keunggulan bersaing ( competitive advantage). Isu stategis yang menjadi perhatian adalah memahami perilaku konsumen.
Pada saat konsumen ankan membeli atau menggunakan suata jasa akan melalui tahapan tahapan penting antara lain :
- Need recognation
- information search
- evaluation alternatif
- purchase
- after purchase decision
Memahami perilaku konsumen akan membantu dalam pengembangan strategi dan program STP) : segmenting, targeting, positioning.
- Segmentasi untuk menghomogenkan pasar yang sangat heterogen berdasarkan kebutuhan, karakteristik, tingkah kalu
- Targeting dilakukan untuk dengan tiga strategi yaitu : Undifferentiated marketing, Differentiatid marketing, Concentrated marketing.
- Positioning adalah membedakan persepsi perusahaan beriktu produk dan jasanya dari pesaing. Positioning dapat melalui iklan dan promosi disamping distribusi, produk dan proses jasa itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar