Rabu, 27 Juli 2011

Segmentasi Pelanggan dan Segmentasi - Targeting - Positioning Jasa

Perkembangan sektor jasa tidak terlepas dari berbagai usaha dari penyedia jasa dalam pengembangan strategi dan program pemasaran untuk menciptakan keunggulan bersaing ( competitive advantage). Isu stategis yang menjadi perhatian adalah memahami perilaku konsumen.

Pada saat konsumen ankan membeli atau menggunakan suata jasa akan melalui tahapan tahapan penting antara lain : 

  1. Need recognation
  2. information search
  3. evaluation alternatif
  4. purchase
  5. after purchase decision
Memahami perilaku konsumen akan membantu dalam pengembangan strategi dan program STP) : segmenting, targeting, positioning.
  1. Segmentasi  untuk menghomogenkan pasar yang sangat heterogen berdasarkan  kebutuhan, karakteristik, tingkah kalu
  2. Targeting dilakukan untuk dengan tiga strategi yaitu : Undifferentiated marketing, Differentiatid marketing, Concentrated marketing.
  3. Positioning adalah membedakan persepsi perusahaan beriktu produk dan jasanya dari pesaing.  Positioning dapat melalui iklan dan promosi disamping distribusi, produk dan proses jasa itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar